Nama : Hayuning Azaniarti
NPM : 53413983
Kelas : 4IA24
E - COMMERCE
Pengertian E - Commerce
E-Commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Kegiatan
e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online
(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing),
pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
Klasifikasi E-Commerce
Business to Business (B2B)
Business to Business E-Commerce memiliki karakteristik :
a. Trading partners yang sudah diketahui dan
umumnya memiliki
hubungan (relationship) yang cukup lama.
hubungan (relationship) yang cukup lama.
b. Pertukaran data (data exchange) berlangsung berulang-ulang
dan
secara berkala
secara berkala
c. Salah
satu pelaku dapat melakukan inisiatif untuk mengirimkan
data, tidak harus menunggu partnernya.
data, tidak harus menunggu partnernya.
d. Model
yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dimana
processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku
bisnis.
processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku
bisnis.
Business to Consumer (B2C)
Business to Consumer e-Commerce memiliki karakteristik
sebagai berikut :
1. Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan
ke umum.
- Servis yang diberikan bersifat umum (generic) dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak ramai.
- Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand).
- Pendekatan client/server sering digunakan dimana diambil asumsi client (consumer) menggunakan sistem yang minimal (berbasis Web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server.
Manfaat E-Commerce
Bagi Konsumen : Harga lebih murah, belanja cukup pada satu
tempat saja.
Bagi Pengelola bisnis : Efisiensi, tanpa kesalahan, tepat
waktu.
Bagi Manajemen : Peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
Kerugian E-Commerce
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
E - BUSINESS
E - Business merupakan aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak
langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan
internet sebagai medium komunikasi dan transaksi, dan salah satu aplikasi
teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem,
pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. E-business
berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain:
pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai
(supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan
pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis.
Contoh E-Business
Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online.
Kompas menjalankan proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan
distribusinya, tidak lagi hanya melalui media cetak saja tetapi juga melalui
internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online dapat diakses oleh
seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas biaya
kertas, dapat diakses 24 jam, dan lain - lain.
Manfaat E-Business
- Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar global,
- Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass customization/ produksi massal terhadap produk dan jasanya.
- Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
- Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan produk/jasa.
- Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis.
- Menekan biaya telekomunikasi.
Kelemahan E- Business
a. Tingkatan kriminal dalam networking yang sering
terjadi
menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan masyarakat dalam
berbisnis di internet.
menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan masyarakat dalam
berbisnis di internet.
b. Dalam hal networking suatu koneksi internet
sangat dominan.
Jika ada kesalahan atau masalah internet maka web itu tidak
dapat diakses, dan tidak menutup kemungkinan data yang telah
didapat, lenyap.
Jika ada kesalahan atau masalah internet maka web itu tidak
dapat diakses, dan tidak menutup kemungkinan data yang telah
didapat, lenyap.
E-BUSINESS
VS E-COMMERCE
- Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang),
- E-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya.
- E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.
BIOINFORMATIKA
Pengertian Bioinformatika
•
Bioinformatika,
berasal dari kata yaitu “bio” dan “informatika”, adalah gabungan antara ilmu
biologi dan ilmu teknik informasi (TI).
•
Bioinformatika
didefenisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap
dan menginterpretasikan data-data biologi
Tujuan Bionformatika
Memungkinkan
penemuan wawasan biologi baru serta untuk menciptakan perspektif global dimana
prinsip-prinsip pemersatu dalam biologi dapat dilihat.
Tugas Bioinformatika
• Pengembangan
dan penerapan alat yang memungkinkan akses yang efisien terhadap, dan
penggunaan dan pengelolaan, berbagai jenis informasi
•
Pengembangan
algoritma baru (rumus matematika) dan statistik yang dapat digunakan untuk
menilai hubungan-hubungan di antara anggota kumpulan data besar, seperti metode
untuk menemukan gen dalam suatu urutan, meramalkan struktur protein dan / atau
fungsi, dan protein urutan cluster ke dalam keluarga yang terkait.
Sejarah Singkat Bioinformatika
Penerapan
bidang-bidang dalam bioinformatika (seperti pembuatan basis data dan
pengembangan algoritma untuk analisis sekuens biologis) sudah dilakukan sejak
tahun 1960-an.
Penerapan Utama Bioinformatika
a. Basis
Data Sekuens Biologis
basis data sekuens biologis dapat berupa :
-
Basis
data primer untuk menyimpan sekuens primer asam
nukleat maupun protein
nukleat maupun protein
-
Basis
data sekunder untuk menyimpan motif sekuens protein
- Basis
data struktur untuk menyimpan data struktur protein
maupun asam nukleat.
maupun asam nukleat.
- - Basis
data utama untuk sekuens asam nukleat saat ini
adalah GenBank.
adalah GenBank.
- Genbank
adalah database utama dalam biologi molekuler, yang
dikelola oleh NCBI (National Center for Biotechnology
Information) di AS.
dikelola oleh NCBI (National Center for Biotechnology
Information) di AS.
Gambar diagram GenBank
b. Penyejajaran Sekuens
Merupakan proses penyusunan/pengaturan dua
atau lebih sekuens sehingga persamaan sekuens-sekuens tersebut tampak
nyata. Hasil dari proses tersebut juga disebut sebagai sequence alignment.
Contoh alignment DNA dari dua
sekuens pendek DNA yang berbeda, "ccatcaac" dan
"caatgggcaac" (tanda "|" menunjukkan kecocokan
atau match di antara kedua sekuens).
c.
Prediksi
Struktur Protein
Prediksi struktur protein berusaha
meramalkan struktur tiga dimensi protein berdasarkan sekuens asam aminonya
(dengan kata lain, meramalkan struktur tersier dan struktur sekunder berdasarkan
struktur primer protein).
Dibagi menjadi 2 yaitu : metode pemodelan
protein komparatif dan metode pemodelan de novo.
- Pemodelan protein komparatif (comparative protein modelling) meramalkan struktur suatu protein berdasarkan struktur protein lain yang sudah diketahui.
- pendekatan de novo atau ab initio, struktur protein ditentukan dari sekuens primernya tanpa membandingkan dengan struktur protein lain.
Contoh pemodelan protein influenza
d. Analisis
Ekspresi Gen
Ekspresi gen dapat ditentukan dengan mengukur kadar mRNA dengan berbagai
macam teknik (misalnya dengan microarray ataupun Serial Analysis of Gene
Expression)
Contoh analisis ekspresi pada kanker payudara
Penggunaan Bioinformatika Dalam Berbagai Bidang :
1. Bioinformatika
Dalam Bidang Klinis
Perananan Bioinformatika dalam bidang klinis ini sering juga disebut
sebagai informatika klinis (clinical informatics). Aplikasi dari clinical
informatics ini adalah berbentuk manajemen data-data klinis dari pasien melalui
Electrical Medical Record (EMR) yang dikembangkan oleh Clement J.
2. Cheminformatics
Cheminformatics adalah kombinasi dari sintesis kimia, penyaringan
biologis, dan pendekatan data-mining yang digunakan untuk penemuan dan pengembangan
obat.
3. Genomics
Genomics adalah bidang ilmu yang ada sebelum selesainya sekuen
genom, kecuali dalam bentuk yang paling kasar.
merupakan bagian dari Bioinformatika (dalam arti yang paling luas) yang
paling dekat dengan bidang Biologi umum klasik. Fokus dari computational
biology adalah gerak evolusi, populasi, dan biologi teoritis daripada
biomedis dalam molekul dan sel.
Aplikasi untuk Bioinformatika
a. Microsoft Bioinformatics Initiative
b. BioHPC
c. Windows Azure Bioinformatics
Referensi :
I Putu Agus. 2015. E – Commerce, E – Business Dan Mobile
Commerce ( Berbasis Open Source ). Bandung : Informatika
Fatchiyah. 2015. Prinsip Dasar Bioinformatika. Malang :
Universitas Brawijaya Press.
http://www.slideshare.net/DewiYuningsih/e-business-dan-ecommerce-33398549
http://utihutabarat.blogspot.com/2014/05/penjelasan-bioinformatika-dan-bidang.html
0 komentar:
Posting Komentar