Sabtu, 22 Oktober 2016

SEO (Search Engine Optimization)


 SEARCH ENGINE OPTIMIZATION


APA ITU SEO ???
SEO atau kepanjangan dari (Search Engine Optimization) adalah suatu cara atau teknik untuk membuat situs atau blog kita berada pada halaman/posisi satu di mesin pencarian (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia yakni optimasi mesin pencari. Kegunaannya apabila kita melakukan pencarian di Google, maka kita akan menemukan halaman dengan banyak link di sana yang berkaitan dengan pencarian yang diinginkan. Semua link yang ada di halaman pertama itulah buah dari SEO. Semua dibuka melalui Google.
Mengapa harus Google? Karena 68% pengguna internet di dunia, melakukan pencarian melalui Google dan 32% sisanya menggunakan mesin pancari lainnya. Jika web yang kita buat teroptimasi dengan baik dengan teknik SEO bukan hanya pencarian di Google saja kita juga bisa mendapatkan posisi juga di Yahoo dan juga Bing.

Manfaat Menggunakan Teknik SEO
Ø  Mendatangkan Traffic yang Banyak Kita semua pasti tahu jika situs atau blog berada pada halaman satu Search Engine pasti akan mendatangkan pengunjung (Traffic) yang sangat besar, tergantung pada keyword yang kita target dan besar kecilnya data hasil pencarian dari Google Planner.

Ø  Meningkatkan Penjualan Jika suatu situs menjual suatu produk atau barang seperti lazada.co.id yang menjual aneka barang seperti laptop atau lainnya, maka jika ada orang mencari di google dengan keyword “jual laptop murah” kemudian situs tersebut ranking 1, maka sudah 95% lazada akan mendapatkan penjualan dari hasil SEO tersebut.

Ø  Meningkatkan Daya Saing
Mudah saja untuk keuntungan SEO yang satu ini, jika posisi suatu situs lebih tinggi maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.

Ø  Lebih Kuat Bertahan di Halaman 1 Google
Pada pencarian di google menggunakan SEO maka nantinya pencarian akan selalu muncul pada halaman pertama, jadi pengguna tidak perlu sampai ke halaman selanjutnya. 


Apakah SEO itu Mirip Seperti Google Ads atau Iklan PPC lainnya?
SEO bukan Google Ads ataupun iklan PPC Lainnya. Biasanya Google Ads akan muncul paling atas pada halaman google saat kita melakukan pencarian, misalkan kita mencari di Google dengan kata kunci grosir kaos. Maka pada halaman Google akan muncul paling atas biasanya ditandai dengan lambang kotak Ad warna kuning. Sedangkan pencarian web dengan SEO akan muncul tepat dibawah Ad tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada table perbedaan dibawah ini. Menurut riset 26% orang membuka Web dengan Google Add atau Sejenis Iklan PPC Lainnya. Sedangkan 74% Orang Membuka Web Dengan SEO.


Apa Yang Harus Di Lakukan Untuk Mengoptimasi SEO ?
Tahapan pada SEO :
1. Riset kata kunci
2. Membuat Blog
3. Membuat konten (artikel, video, slide, gambar, dsb) yang relevan dengan kata kunci yang kita
    bidik. Ini disebut SEO On Page.
4. Meningkatkan nilai halaman dengan cara backlink, disebut juga SEO Off Page.

Bahasan pada SEO
}  Lakukan analisa persaingan
·         Lebih BANYAK persaingan biasanya lebih BANYAK orang yang mencari
·         Lebih SEDIKIT persaingan biasanya lebih SEDIKIT orang yang mencari

}  Lakukan riset kata kunci di Google Planner

}  Analisa prospek kata kunci
Jika grafiknya naik maka peluang bisnis Anda sangat baik, Jika turun lebih baik di tinggalkan. Dan jika seperti di atas maka masih Bisnis Anda Masih berpeluang besar.

SEO Tools untuk Variasi Saran Kata Kunci
Ø  Keyword Shitter
Keyword shitter merupakan tool gratis yang dapat kita gunakan untuk mencari kata saran kunci untuk website yang kita miliki. Kenapa Keyword Shitter karena kelebihan keywordshitter adalah tool ini menyediakan variasi kata kunci yang banyak sekali sehingga anda memiliki banyak pilihan kata kunci, kemudian anda dapat memilih beberapa kata kunci atau keyword yang sobat inginkan sesuai target anda.
Cara menggunakan nya pun sangat mudah, caranya adalah isi kata kunci sobat pada kolom yang besar. Lihat kolom disebelah ini, kemudian klik Shit Keywords! setelah itu akan tampil saran kata kunci yang sangat banyak kemudian jika dirasa sudah cukup tinggal klik stop job, Selesai kini anda memiliki pilihan banyak kata kunci untuk dimasukan kedalam Optimasi anda.



Ø  Keyword Tool
Aplikasi Keyword Tool hampir mirip dengan Ubersuggest, karena menggunakan konsep Google Autocomplete, tapi, Keyword Tool lebih unggul selangkah, karena mampu menghasilkan hingga 750 saran kata kunci bagi Anda. Keyword Tool bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa dan sangat user-friendly. Tak hanya itu, ia juga mampu menyarakan sejumlah kata untuk frasa/kata-kata sebelum dan sesudah kata kunci yang Anda inginkan. Tidak ada CAPTCHA atau iklan yang menggangu para pengiklan ketika tengah meneliti kata kunci secara mendalam. Dan, bagian terbaik dari aplikasi ini adalah memudahkan Anda dalam menavigasi. Jika Anda ingin aplikasi sederhana yang membantu Anda mencari kata kunci panjang, aplikasi ini sangat direkomendasikan.


Ø  Small SEO Tools
                Small SEO Tools adalah salah satu software plagiarism chacker yang digunakan secara online (terhubung dengan koneksi internet) tentunya software ini membantu pengecekan apakah artikel / karangan / pendapat atau sebagainya yang kita buat merupakan plagiat atau tidak atau dengan kata lain mirip atau tidak dengan artikel atau konten lain, dengan small seo tools Plagiarism Checker kita dapat mengetahui artikel atau konten mana yang kita buat mirip atau seakan menjiplak dari konten web/blog lain.


  
 
Referensi :
Adelheid, Andrea. 2012.  Mengungkap Rahasia SEO. Yogyakarta : Andi Publisher.

Helianthusonfri, Jefferly. 2015. Panduan Lengkap SEO Pemula Untuk Blogger. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Rahman, Su. 2015. Kitab Sakti SEO.  Jakarta : Elex Media Komputindo.

http://adiproject.com/jasa-seo/keyword-shitter/ (Diakses pada 22 Oktober 2016)


0 komentar:

 

Around the World Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang